Menunggu yang Terlambat

Di hari yang hujan biasanya aku hanya duduk sendiri bersama segelas kopi. Di kamar kos sambil mengetik naskah novel yang berganti tahun tak pernah selesai. Atau di ruang tengah sambil memetik gitar dan menyanyikan lagu-lagu lawas.

Tapi hari ini adalah hari ketiga sejak aku memberanikan diri memasuki kehidupan orang lain. Bukan orang asing sebenarnya. Dia telah lama menetap dalam doa yang kurapal selepas sholat.

Hujan di hari ketiga ini seperti mimpi, meski ternyata masih menyisakan canggung, bagiku, karena tidak pernah sekalipun aku bercakap dengan orang itu sebelumnya. Aku memecah sunyi yang cukup lama memberi batas di antara kami, memulai bertanya dengan sebuah kalimat yang pernah dituliskan seorang kawan dalam blog miliknya.

“Bagaimana bila kamu ditemukan oleh orang yang bukan kamu tunggu kehadirannya?”

Perempuan itu diam sebentar. Aku yakin pertanyaanku tidak sulit. Tapi dia sepertinya ingin memilih jawaban yang paling tepat dan bahkan sederhana untuk diucapkan.

“Menunggu orang yang terlambat itu artinya menghukum mereka yang sudah berusaha hadir tepat waktu. Iya kan?”

Dia tersenyum tipis, manis sekali, sambil tetap menatap tumpahan air yang mulai reda dan kembali menjadi gerimis. Hari ketiga ternyata masih menyisakan canggung, baginya, karena tidak pernah sekalipun perempuan itu menatap mataku sebelumnya.

Sebagai seorang lelaki yang tahu diri, aku tahu, aku tidak tepat waktu. Entah berapa puluh orang yang telah dia hukum dan aku hanya bisa menebak-nebak dalam hati.

Aku diam, tidak berani melanjutkan pertanyaan.

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

